banner

Tuesday, July 31, 2012

Fakta HUDUD untuk Karpal Singh

Reformasi Undang-Undang Islam Aceh

Tajuk :
REFORMASI MAHKAMAH SYARIAH
DI NANGGROE ACEH DARUSSALAM ( NAD ) : DARI SEGI BIDANG KUASA


Pensyarah :
PROF. DR. AHMAD HIDAYAT BUANG
Disediakan oleh:
SAIFUL AZHAR BIN ILYAS
Syariah & Law
Academy of Islamic Studies
University Of Malaya


Reformasi Mahkmah Syariah di Nanggroe Aceh Darussalam :
dari segi bidangkuasa


Pendahuluan

Keinginan untuk melaksanakan syariat islam secara kaffah dan terwujudnya Mahkamah Syariah yang melaksanakan semua hukum islam merupakan cita-cita lama masyarakat Aceh . Namun keinginan tersebut tidak dikabulkan oleh kerajaan Indonesia. Pihak kerajaan yang mempunyai paham sekular, tidak ingin negeri dibawah kekuasaanya mempunyai aturan hukum yang berbeda dengan aturan hokum nasional.

Sebenarnya Mahkamah Syariah telah ada di Aceh sebelum penjajahan masuk. Dan ketika bergabung dengan kerajaan Indonesia, Mahkamah Syariah juga dibentuk di Aceh . Namun Mahkamah Syariah bentukan kerjaaan tidak menyenangkan masyarakat Aceh, kedudukan dan bidangkuasa mahkmah syariah tersebut sangat sedikit dan tidak berwibawa.

Wujudnya mahkamah syariah yang mempunyai kedudukan dan bidangkuasa yang luas serta dihormati setelah dikeluarkan Undang-Undang republik Indonesia Nombor 44 tahun 1999 tentang penyelenggaraan keistimewaan Aceh dan undang-undang kerajaan Indonesia nombor 18 tahun 2001 tentang otonomo khusus. Dan peresmian pembentukan mahkamah syariah yang khas dilakukan setelah keluar keputusan presiden republik Indonesia nombor 11 tahun 2003 .

Kehadiran mahkamah syariah khas memberi pengaruh besar pada pelaksanaan undang-undang islam. Yang sangat penting disini adalah mahkamah syariah yang telah ada sebelumya mengalami banyak perubahan dengan mereformasi kedudukan, bidangkuasa, prosedur, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan mahkamah.


Objectif Kajian.

Kajian tentang Mahkamah Syariah di Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) ini dibuat dengan beberapa objectif :
1. Mengetahui keadaan Mahkamah Syariah sebelum dan setelah kedatangan penjajah asing.
2. Mengetahui keadaan Mahkamah Syariah ketika Aceh bergabung dengan Republik Indonesia
3. Mengetahui keadaan Mahkamah Syariah setelah Aceh diberikan bidangkuasa melaksanakan syariat islam secara kaffah termasuk bidang kehakiman.
4. Untuk mengetahui reformasi-reformasi yang terjadi pada Mahkamah Syariah sehubungan dengan pergantian status Aceh dari zaman ke zaman, terutama sekali bidangkuasa.


Mahkamah Syariah di Aceh dari zaman ke zaman

A. Pada Masa Kerajaan Aceh

Aceh mempunyai latar belakang yang berbeda dengan daerah lainnya di Indonesia, khususnya pada pelaksanaan undang-undang islam. Di Aceh pelaksanaan Undang-undang Islam bukanlah hal baru, sudah sejak sebelum kemerdekaan Republik Indonesia telah melaksanakan Syariat Islam.

Pada zaman kerajaan dululunya, kekuasaan Mahkamah Syariah dibawah kekuasaan Qadli Malikul ‘Adil, sedangkan untuk daerah dibawahnya dipegang oleh Qadli Uleebalang .

Qadli Malikul ‘Adil adalah adalah mahkamah paling tinggi yang ada di Kerajaan Aceh, ia juga berfungsi sebagai Mahkamah Rayuan. Apabila perakara-perakara yang telah diputuskan oleh Qadli Uleebalang masih belum memuaskan berbagai pihak, maka boleh mengajukan banding ke Qadli Malikul ‘Adil. Keputusan Qadli Malikul ‘Adil merupakan keputusan akhir dan harus dipatuhi dan dijalankan oleh semua pihak.

Pengaruh Ulama saat itu sangat kuat di Aceh, ini terlihat dari pengangkatan hakim pada mahkamah. Qadli Malikul ‘Adil dan Qadli Uleebalang diangkat dari golongan ulama yang cerdik dan berpengaruh.

Qadli Malikul ‘Adil selain berfungsi sebagai hakim, ia juga bertugas memberi nasehat kepada kerajaan dan mengerusi daerahyang langsung dibawah Sulthan. Lembaga Qadli Malikul ‘Adil sangat berwibawa dan sangat berperan dalam menjalankan hukum Islam juga menjaga stablitas kerajaan.


B. Pada Zaman Hindia Belanda

Indonesia pada masa penjajahan belanda diberi nama Nederlandsce Indie ( Hindia Belanda). Pemerintah Hindia Belanda membagi Indonesia dari satu segi menjadi dua daerah, yaitu Jawa-Madura dan daerah-daerah Luar Jawa-Madura. Pembagian tersebut mempunyai pengaruh terhadap pengaturan hukum, serta keadaan mahkamah.

Pemerintah Belanda tidak menghapuskan sistem mahkamah yang telah ada, baik di Indonesia maupun di Aceh. Khusus di Aceh Hal ini boleh dilihat dengan adanya peraturan yang terdapat dalam Staasblad 1869 No. 47 dan Staasblad 1871 No. 129 yang menetapkan bahwa ketua-ketua Landraad harus seorang Yuris. Setiap mereka harus mesti mendapatkan pelajaran dalam hukum Islam.

Khusus untuk Aceh, di tiap wilayah Uleebalang terdapat sebuah mahkamah yang diketuai Controleur,dan Uleebalang serta orang-orang khas yang dilantik. Mahkamah Syariah ketika itu merupakan bagian dari mahkamah tersebut. Untuk memutuskan permasalahan hukum islam di ketuai oleh Qadli Uleebalang. Sedangkan permasalah lain diketuai oleh Uleebalang dengan didampingi oleh Qadli Uleebalang.


C. Pada Zaman Jepang

Jepang mulai memasuki Aceh pada tanggal 12 mac 1942. Saat mereka datang, Ulama di di Aceh masih dihargai oleh Jepang, ini dikarenakan Ulama telah berjasa mengusir belanda dari Aceh. Sehingga atas permintaan ulama, Jepang meningkatkan status .mahkamah Syariah .

Saat itu Jepang menubuhkan Aceh Syu Rei (Undang-undang Daerah Aceh) pada tanggal 1 januari 1944. Undang-undang itu menjelaskan tentang penubuhan dua mahkamah, iaitu Tihoo Hooin ( Mahkamah Sivil) dan Syukyo Hooin ( Mahkamah Syariah)

Mahkamah Syariah untuk tingkat Kabupaten di pimpin oleh Kepala Qadli serta dibantu oleh beberapa anggota majlisnya, dan untuk tingkat Kecamatan dipimpin oleh Kadli Sort.

Persatuan Ulama Aceh ( PUSA) ketika sangat mempunyai peranan peting pada penunuhan dan pengawasan Mahkamah Syariah. Jepang pada satu sisi memberi kebebasan kepada rakyat Aceh untuk melanjutkan Mahkamah Syariah yang telah ada sebelumnya. Tetapi pada sisi lain kita juga mengetahuiBahwa Jepang telah menjajah rakyat Indaonesia termasuk juga Aceh.


D. Saat Indonesia merdeka

Ketika Rakyat Indonesia memproklamirkan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945, Mahkamah Syariah di seluruh wilayah Indonesia belum seragam, baik dari undang-undang yang dipakai maupun bidang kuasa. Sedangkan Mahkamah Sivil telah diseragamkan melalui Undang-undang Darurat No.1 tahun 1951 .

Saat itu Mahkamah Syariah boleh dikelompokkan kepada tiga iaitu :

1. Pengadilan Agama ( Mahkamah Syariah ) di Jawa – Madura.
2. Kerapatan Qadli di sebagian karasedenan Kalimantan Selatan dan Timur.
3. Pengadilan Agama( Mahkamah Syariah) diluar Jawa – Madura dan luar sebagian Kalimantan Selatan dan Timur.

Sejak tahun 1980, melalui Keputusan Menteri Agama No.6 Mahkamah Syariah mulai diseragamkan. Diantara penyeragamannya adalah penyebutan nama , iaitu :

a. Untuk tingkat pertama namanya Pengadilan Agama ( Mahkamah syariah)
b. Untuk tingkat kedua namanya Pengadilan Tinggi Agama ( Mahkamah Syariah Tingkat Tinggi).

Mahkamah syariah tingkat pertama mempunyai kuasa atas daerah Kabupaten/ Kota ( salah satu struktur pemerintahan di Indonesia). Sedangkat Mahkamah Syariah Tinggi mempunyai kuasa pada tingkat negeri.

Bidangkuasa Mahkamah Syariah sebelum ditubuhkan Mahkamah Syariah khas Nanggroe Aceh Darussalam.


a. Zaman kemerdekaan .

Sejak Kemerdekaan Republik Indonesia sistem Mahkamah di Nanggroe Aceh Darussalam mengikut sistem mahkmah Indonesia. Bidangkuasa pada mahkamah syariah ketika itu sangat terbatas dan tidak berwibawa berbanding mahkamah sivil.

Bidangkuasa mahkamah syariah sejak terbentuk 1 august 1946 iaitu memutuskan perkara-perkara yang berkaitan dengan nikah, thalaq, rujuk dan mawarist . Ketika itu kedudukan mahkamah syariah masih dalam proses penubuhan dan pengamatan oleh pihak kerajaan.


b. setelah keluar Undang-undang nombor 7 tahun 1989

Berdasarkan Undang-undang kerajaan Indonesia nombor 7 tahun 1989 mengenai mahkamah syariah disebutkan bahwa mahkamah syariah bertugas dan berkuasa memeriksa, memutuskan dan menyelasaikan perkara-perakara antara orang-orang yang beragama islam di bidang :

1. Perkawinan ( ahwal syahhsiah )
2. Kewarisan, wasiat dan hibah yang dilakukan berdasarkan hukum Islam.
3. Waqaf dan Shadaqah.

Sampai berpuluh-puluh tahun kemerdekaan bidangkuasa mahkamah syariah Indonesia masih lagi terhad kepada hal-hal yang sama seperti sejak awal penubuhannya, mahkamah syariah tidak mempunyai bidangkuasa pada jenayah dan sebahagian mu’amalah



Penubuhan Mahkamah Syariah khas Nanggroe Aceh Darussalam.

Usaha Masyarakat Aceh untuk mewujudkan sebuah Mahkamah Syariah yang mempunyai kredibliti tinggi akhirnya terwud. Untuk mendapatkan semua ini bukanlah semudah membalikkan telapak tangan, tapi dengan usaha dan kesabaran yang tinggi. Ini dikarenakan sistem kerajaan Indonesia yang berpihak pada sekularizm, dan tidak setuju untuk mentatbikkan syariah islam secara kaffah.

Mahkamah Syariah yang khas ditubuhkan berdasarkan surat keputusan Presiden Republik Indonesia nombor 11 tahun 2003, yang ketika itu Megawati Soekarno Putri memegang jawatan Presiden . Sedangkan perasmiannya dilakukan oleh ketua mahkamah agung republik Indonesia pada tanggal 4 maret 2003. ketua mahkamah agung ketika itu adalah Bagir Manan.

Dasar Hukum Pelaksanaan Syariat Islam ( termasuk penubuhan mahkmah syariah khas ) di Nanggroe Aceh Darussalam.

Terwujudnya Mahkamah Syariah di Nanggroe Aceh Darussalam setelah usaha yang panjang dan melelahkan, hingga pada akhirnya usaha-usaha kearah tersebut membuahkan hasil dengan disetujuinya pembentukan Mahkamah Syariah khas dengan dikeluarkan beberapa undang-undang sebagai dasar hukumnya.

Dasar-dasar hukum tersebut ialah sebagai berikut :

1. Undang-undang Pemerintah Indonesia Nomor 44 tahun 1999 .

Pada pasal 4 didalam undang-undang tersebut menyatakan:

(a). Penyelenggaraan kehidupan beragama di Daerah diwujudkan dalam bentuk pelaksanaan Syariat Islam bagi pemeluknya dalam masyarakat.
(b). Daerah mengembangkan dan mengatur penyelenggaraan kehidupan beragama, sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dengan tetap menjaga kerukunan hidup antar umat beragama.

Sedangkan mengenai cakupan pelaksanaan Syariat Islam boleh kita lihat pada pasal 1, iatu:

Pada poin 8 disebutkan, Syariat Islam adalah tuntunan ajaran Islam dalam semua aspek kehidupan.

Pada poin kelapan ini sangat jelas dinyatakan bahwa pelaksanaan syariat Islam di Nanggroe Aceh Darussalam meliputi semua aspek kehidupan. Ini salah satu bentuk reformasi Mahkamah Syariah yang dulunya hanya meliputi sebahagian aspek kehidupan sebagaimana masih berlaku di Negeri-negeri lain di Indonesia.


2. Undang-undang Pemerintah Indonesia Nomor 18 tahun 2001 dalam hubngannya dengan Pelaksanaan Syari’at Islam di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam .

Undang- undang ini merupakan lanjutan dari Undang-undang Nombor 44 tahun 1999 yang telah dijelaskan diatas.

Dalam pasal 25 Undang-undang tersebut menyebutkan:

(1). Peradilan Syariat Islam di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam sebagai bagian dari sistem peradilan Nasional dilakukan oleh Mahkamah syar’iyah yang bebas dari pengaruh pihak manapun.

(2). Kewenangan Mahkamah Syar’iyah sebagaimana dimaksud pada ayat (1) didasarkan atas Syari’at Islam dalam sistem hukum nasional, yang diatur lebih lanjut dengan Qanun Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.
(3) kewenangan yang dimaksud pada ayat diatas diberlakukan bagi pemeluk agama islam sahaja.


Dari isi isi fasal ini terlihat ada tambahan keistimewaan pada mahkamah syariah, dimana mahkamah syariah tidak boleh dipengaruhi oleh pihak lain. Dan yang lebih penting bidangkuasa mahkamah syariah diperluas, iaitu semua hal yang berkaitan dengan syariat islam, termasuk jenayah yang dulunya dibawah bidangkuasa mahkamah sivil.

Bidangkuasa Mahkamah Syariah setelah ditubuhkan Mahkamah Syariah Khas


Mahkamah syariah Nanggroe Aceh Darussalam adalah mahkamah khas yang ada dalam linkungan mahkamah syariah republik Indonesia. Dikatakan khas karena ia mempunyai bidangkuasa yang berbeda, tidak sama dengan mahkamah syariah lainya di seluruh Indonesia.

Bidangkuasa mahkamah syariah khas ini tidak lagi hanya mengurusi masalah ahwal syahksiah dan mawaris dan hibah saja, tetapi meliputi semua aspek kehidupan. Baik ia yang menyangkut masyarakat umum atau privat, semuanya menjadi kewanangan mahkamah syariah.

Dalam Qanun no. 10 tahun 2002 tentang pelaksanaan syariay islam disebutkan bahwa Mahkamah Syariah bertugas mempunyai bidangkuasa memeriksa dan memutus dan menyelesaikan perkara-perkara berikut :

1. al – ahwal al – syakshiyah
2. mu’amalah
3. jinayah


penjelasan ketiga hal diatas sebagai berikut :

1. Yang dimaksud dengan bidangkuasa dalam bidang al- Ahwal al – syakhshiyah meliputi hal-hal yang diatur dalam fasal 49 undang-undang nomor 7 tahun 1989 tentang mahkamah syariah beserta penjelasannya, kecuali wakaf, hibah dan sadakah.
2. Yang dimaksud dengan bidangkuasa dalam bidang muamlat meliputi hukum kebendaan dan perikatan seperti :
a. Jual beli, hutang piutang
b. Qiradh ( pemodalan)
c. Musaqah, muzara’ah, mukhabarah ( bagi hasil pertanian).
d. Wakilah (kuasa), syirkah (perkongsian).
e. Ariyah ( pinjam meminjam). Hajru ( penyitaan harta), Syuf’ah dan rahnu ( gadai).
f. Ihyaul mawat ( pembukaan lahan), ma’din (tambang), luqathah (barang temuan)
g. Perbankan, ijarah (sewa menyewa), takaful.
h. Perburuhan
i. Harta rampasan
j. Wakaf, hibah, shadakah, dan hadiah

3. Yang dimaksud dengan bidangkuasa dalam bidang Jinayat iaitu sebagai berikut :

a. Hudud yang meliputi:

i. Zina
ii. Menuduh berzina (Qadhaf)
iii. Mencuri
iv. Merompak
v. Minuman membukkan dan Napza.
vi. Murtad
vii. Pemberontakan (Bughat)

b. Qishash diat, meliputi:

i. pembunuhan
ii. Penganiayaan.

c. Ta’zir iaitu hukuman yang dikenakan kepada orang yang melakukan pelanggaran syariat islam selain hudud dan Qishash seperti:

i. Judi.
ii. Khalwat.
iii. Meninggalkan sembahyang fardhu dan puasa Ramadhan.

Mahkamah tinggi syariah mempunyai bidangkuasa memeriksa dan memutuskan perkara yang menjadi bidangkuasa Mahkamah Syariah dalam tingkat banding. Mahhkamah Tinggi Syariah juga menpunyai bidangkuasa mengadili dalam tingkat pertama dan terakhir perselisihan yang timbul antara Mahkamah Syariah yang ada di Nanggroe Aceh Darussalam. Sedangkan perselihan yang timbul antara mahkamah Syariah dengan Mahkamah Sivil atau mahkamah lainnya menjadi bidangkuasa mahakmah Agung Republik Indonesia.

Mahkamah Syariah di Nanggroe Aceh Darussalam tidak mempunyai mahkamah rayuan. Ini dikarenakan Mahkamah Syariah khas ini tidak berdiri sendiri, ia masih dalam lingkungan mahkamah republik Indonesia, hanya saja ia berbentuk khas. Apabila ingin merayu hasil keputusan mahkamah syariah yang khas ini maka mereka masuh tetap merayu kepada Mahkamah Agung.



Penutup

Mahkamah Syariah di Nanggroe Aceh Darussalam telah mengalami banyak reformasi yang berlaku sejak awal penubuhannya sebelum penjajahan dating ke Aceh. Zaman sebelum dating penjajah merupakan zaman kemuncak mahkmah syariah.

Setelah kedatangan penjajah perubahan mulai terjadi, hingga Aceh menjadi bagian republik Indonesia perubahan telah terjadi beberapa kali. Perubahan yang terjadi ketika itu bukan untuk kemajuan mahkamah, tetapi sebaliknya. kedudukan dan bidangkuasa mahkamah syariah dipersempit, hanya pada urusan tertentu sahaja.

Tahun 2003 M merupakan masa bersejarah bagi mahkamah syariah di Nanggroe Aceh Darussalam.Mahkamah Syariah telah dikembalikan sebagaimana semestinya. Bidangkuasa mahkamah pun sangat luas, hingga bidangkuasa yang ada pada mahkamah sivil sebagian besar telah dialihkan kepada mahkamah syariah khas.

BIBLIOGRAFI

1. Prof. DR. H. Al Yasa’ Abubakar, MA ( 2006) “ Syariat Islam di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam” Banda Aceh: Dinas Syariat Islam NAD
2. M. Karjadi (1975) “ Peradilan di Indonesia” Bogor : Politeia
3. Litbang ( lembaga penelitian dan pengembangan Dinas Syariat Islam Aceh) “ Himpunan Undang-undang Keputusan Presiden” 2006, Banda Aceh: Dinas Syariat Islam
4. M. Fajrul Falaakh, S.H., M.A.,M.Sc. et.al. (2004)“ Membangun Peradilan Syariah Di Nanggoe Aceh Darussalam” Jakarta: Komisi Hukum Naional Republik Indonesia
5. Ismuha, “Sejarah dan Perkembangan Peradilan Agama di Aceh” dalam Sinar Darussalam: Majalah Pengetahuan dan Kebudayaan, No. 131, Banda Aceh , 1982

TGK H SAIFUL AZHAR Lc.
Kelahiran Buloh Berghang, Kuta Makmur Aceh Utara
Mahasiswa University of Malaya


Sekian...Tammat 

No comments:

Post a Comment